3/30/2017

tutorial: cara membuat baju kurung lengan lonceng dari kain satin



bulan lalu saya kebagian bahan kain dari teman yang akan menikah tanggal 1 April nanti. biasa deh, tugas bridesmaid kalau dikasih kain wajib hukumnya untuk dijait. 😄 saya dikasih sepasang bahan untuk atasan dan bawahan. untuk bagian atasan saya dikasih bahan satin warna biru dongker sedangkan bahan bawahan itu semacam kain songket. masing-masing bahan lebarnya 150cm x 100cm. nah, hari ini rencananya saya mau kasih tutorial cara menjait baju kurung lengan lonceng. dibawah ini contoh kain satin biru dongker yang akan saya gunakan.


berikut langkah-langkah cara melipat bahan sebelum cetak pola dan gunting.


pada gambar diatas saya menggunakan kemeja favorit saya sebagai cetakan yang ukurannya ngepas badan. namun, karna saya pengen bikin lengan lonceng jadi di bagian lengan saya abaikan garis lurus di bagian atas kain lalu bikin garis diagonal mengikuti lengan kemeja yang sudah ada sehingga lengan semakin memanjang, semakin melebar. dibagian badan juga saya tambahkan beberapa centi ke samping agar baju tidak terlalu ngepres dibadan karna saya akan membuat baju kurung tanpa kancing atau sleting.


nah, setelah di potong sekarang sudah terlihat bagian badan dan lengan. sekarang saatnya melanjutkan ke lubang leher seperti gambar dibawah ini.


kalau saya bisa kasih saran, ikuti aja arahan garis putus putus yang saya buat. jangan ikutin lengkung leher yang udah terlanjur saya gunting karena itu kelebaran dan jatohnya jadi atasan sabrina. karna saya berhijab jadi saya kurang srek dengan model ini. tapi kalau kamu memang suka kerah sabrina silahkan gunting bagian leher agak membesar. 😊
   

terakhir, gunakan kain sisa untuk membuat bisban leher ya. kalau bingung kamu bisa baca di link ini tutorial cara membuat bisban dan juga tutorial cara memasang bisban. dan ta-da! akhirnya jadi juga bridesmaid attire a la Cikita Siregar. terimakasih udah ngikutin tutorial ini sampai akhir. saya rasa ini tutorial yang mudah diikuti oleh siapapun. semoga berhasil ya! 😁  buat yang pengen tau hasil jadinya silahkan liat postingan OOTD saya pakai tunik lengan lonceng ini yaa. thank you! 😘

Love, Cikita


No comments:

Post a Comment