6/21/2016

tutorial: cara menjait tank top tali spageti (camisole)

bikin camisole susah? enggak juga kok kalau kamu ikutin step-by-step nya di blog ini. :)


buat yang udah ngikutin blog aku dari kemaren-kemaren, jangan bosen ya sama postingan tentang camisole. karna dari satu proses pembuatan baju kita bisa belajar banyak banget. jujur, setelah sekian lama aku berhenti ngejait bisa dibilang ini proyek paling serius pertama kali yang aku buat. aku langsung bikin satu set baju tidur yang terdiri dari camisole dan celana pendek. lalu...

lamanya pengerjaan proyek ini hampir memakan waktu 3 hari dan setiap harinya aku habisin sekitar 9 jam untuk ngebikin satu camisole, satu celana pendek plus nempelin renda di baju dan celana.

untuk proyek pertama setelah sekian lama, jujur aja aku ngerasa capek banget. terbukti dari pinggang yang udah teriak kesakitan sampe harus ditempel koyo haha ini serius. karna sisi buruk dari cara kerjaku adalah gak bisa berhenti kalo udah mulai. jadi selama kerja pasti lupa makan (waktu pembuatan baju dan celana ini sebelum puasa), lupa minum, lupa stretching, lupa istirahat dan lupa lupa lainnya. tapi alhamdulillah ada mama yang ngerti banget jadi mama suka ngingetin dan bahkan kadang suka dibawain makan dan minum ke meja kerjaku. terimakasih ma! <3

oke lanjut ke step-by-step proyek baju tidur bikinanku.

draw the lines


jujur, aku ga tau bagaimana umumnya seorang designer atau penjait memulai kerjanya. yang aku tau cuma milih bahan lalu gambar pola dikertas besar. tapi, hasil dari aku belajar jait (lagi) sama Alenty Sasono aku dapet ilmu baru yang bermanfaat. sepintas keliatan ribet tapi ini kalo diikutin bagus banget! bikin kita lebih teliti dalam menentukan ukuran pola.
paling pertama, aku bikin gambar berupa garis ancer-ancer wujud pakaian yang akan aku buat. figur badan perempuan tampak depan ini aku dapet dari Alenty Sasono pas les kebaya disana.

figurin ini bener-bener ngebantu banget, kalo kamu liat diatas aku jadi tau tali camisole letaknya berapa centimeter dari ketiak. terus lingkar dada depan turun berapa centimeter dari pola leher sebenarnya, celana juga dipotong pendek berapa centimeter dari atas dengkul dan lain lain.
setelah bikin gambar pada figurin lalu dilanjut bikin sketsa pola camisole pada pola dasar kecil yang aku dapet juga dari Alenty Sasono.
aku bisa bilang, tanpa figurin aku ga akan bisa bikin garis ancer-ancer pola camisole. kenapa?
karna pada figurin dan pola dasar sudah jelas ada garis-garis bantu seperti garis puncak dada, garis pinggang, garis pinggul kecil dan pinggul besar. sehingga kamu gak bingung lagi bikin penempatan dimana lobang lengan, seberapa melengkung bagian dada depannya, dimana kupnat, seberapa panjang pendeknya baju ini dan seberapa lebarnya juga.

see? berkat figurin dan pola dasar ini aku yang bukan master dalam menjait ujung-ujungnya bisa bikin pola sendiri padahal sebelumnya aku cuma tau pola dasar 'tok dan belom pernah bikin camisole, lho. magic ya! hahaha aku ga pernah nyesel udah ngabisin uang dan waktu untuk belajar lagi karna aku rasain manfaatnya. :) untuk yang punya planning belajar jait semangat ya! kamu pasti bisa juga.

pattern & fabrics


setelah berkutat dengan figurin dan pola dasar versi kecil-kecil lalu saatnya lanjut bikin pola dikertas besar. disini kerasa deh kalo aku hanyalah tukang jait amatiran yang suka lupa bikin kampuh dan kadang suka lupa bikin pola untuk beberapa bagian. walhasil, pola ditambel sana sini pake lem kertas dan selotip hehe ga apa apa deh namanya juga belajar.
nah, ini buat refresh ulang nih kalo ada yang ketinggalan tutorial sebelumnya. dalam pembuatan camisole kita butuh bisban. apa itu bisban? gimana cara bikinnya? gimana cara jait bisban ke baju?
kamu bisa baca-baca disini "cara membuat bisban" dan disini "cara menjait bisban ke baju".

untuk pemanis, aku punya bahan brokat katun sisa dari baju lama mamaku. sebagian ada yang aku potong lurus dan aku potong segitiga-segitiga kaya gini.
potong-potong kain itu kegiatan yang menyenangkan dan menyebalkan haha karna setelah potong kain harus dirader dulu satu-satu. hmm capek! :p

the result



mungkin bukan yang terbaik, tapi aku cukup puas dengan hasil jaitan pertamaku. semoga besok besok bisa bikin yang lebih baik lagi ya ;) menurut kamu gimana hasil jaitanku? jangan lupa kasih aku nilai yang bagus ya :p

love,
Cikita Siregar



8 comments:

  1. thanks for sharing dear :)

    www.tiffannywu.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Tiffany thank you so much for reading. I appreciate it. :)

      Delete
  2. Great post (translated), nice tutorial as well, I love it, truly inspiring, thank you for sharing!!!

    xxx

    http://www.modelonamission.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you for your time to translate my posts and you're welcome :)

      Delete
  3. You're so talented! Thanks for showing how to do it <3

    http://www.thecrimsonbeauty.com

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banyak sudah share tentang tutorialnya yang sangat membantu karena aku adalah salah satu pecinta kamisol (karena benar-benar nyaman untuk tidur--apalagi untuk kota yang panas).

    Mallieams.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama dear :) betul sekali, badan lebih banyak terekspos angin jadinya adem ya hehe :p

      Delete