6/24/2016

tutorial: cara menjait celana pendek (shorts)

aku ga nyangka bisa se-seneng ini menikmati kesibukan sehari-hari dirumah sebagai freelancer. 


ya, walau aku freelancer, bisa dibilang aku jarang banget kelayapan keluar rumah. sebagian orang mungkin berfikir lebih memilih bekerja di kafe atau ditempat-tempat selain dirumahnya. tujuannya untuk menghindari zona nyaman yang bikin males (katanya). padahal aku sendiri merasa ketika berada di zona nyaman aku bisa memberikan 100% fokus and would likely to give my best to my job karna aku merasa nyaman. tapi, itu semua hanya masalah preferensi aja sih... yang penting kita harus tau apa yang baik untuk diri kita. 

aku jarang banget meminta penilaian tentang diriku dari sudut pandang orang lain. kalau aku harus menilai diriku sendiri, terkadang suka bingung. misalnya, di sisi lain aku bisa judge diriku sebagai pemalas. aku lebih sering ngantuk dan seneng tidur setelah solat subuh dan atau di siang hari. tapi, terkadang juga aku bisa jadi orang yang sanggup kerja 24 jam non-stop tanpa mengeluh just because I think I love working. I think I'm workaholic. bahkan ketika udah dikasur dan harus merem aku masih memikirkan planning-ku dan ide-ide yang mengalir. sometimes I just let it go and sometimes aku malah gak jadi tidur dan balik ke meja kerja.

mungkin ada yang masih inget project plan yang aku buat? ya, aku pun mulai ngejait lagi secara dadakan karna memang begitulah aku kalo udah kepikiran gak bisa ditunda. the idea just came right after i clean up my studio. kalo lupa, kamu bisa baca sewing project planner / 1 disini.

the process

seperti proses menjat pada umumnya, selalu dimulai dengan pembuatan pola. oh iya, waktu aku kursus di Alenty Sasono, aku banyak belajar tentang pembuatan pola. mulai dari pola dasar baju atasan, rok, celana dan pola dasar kaos. pola yang aku bikin selama masa belajar adalah pola dengan ukuran fix S, M, L, XL yang sudah ada. maksudnya aku memakai ukuran badan wanita dewasa yang sudah disediakan oleh ESMOD di bukunya (kapan-kapan aku share ukuran badan wanita lengkap ya).

ukuran yang aku pakai adalah M. setelah bikin pola dikertas hvs besar, pola itu aku cetak ke karton dan dilaminating. jadi, setelah itu aku ga perlu lagi gambar tarik garis, ngitung sana-sini untuk bikin pola dari awal. cukup jiplak pola yang sudah aku bikin dikarton dan tinggal ditambahkan atau dikurangkan ukurannya sesuai keinginan.
detail renda yang ada dibagian bawah celana itu murni aku jait pake tangan. awalnya aku takut copot kalo masuk mesin cuci eh tapi ternyata alhamdulillah rendanya selamat setelah aku cuci di mesin. berarti jaitan tanganku lumayan kuat lah ya... hehe

lumayan lah ngerjainnya sampe begadang semaleman...

maaf ya belom bisa bikin ootd untuk baju tidur yang satu ini karna sangat terbuka. hihi aku kan berjilbab masa ootd nya baju tidur. anyway, terimakasih sudah mampir di blog-ku semoga puasa kita lancar ya. amin. sampai jumpa di project selanjutnya ya :)

love,
Cikita Siregar


2 comments:

  1. always do what you love and love what you do dear :D
    but sometimes we have to stretch ourselves from our comfort zone to enhance our capacity and experience.
    Good luck!


    www.tiffannywu.blogspot.com

    ReplyDelete