8/08/2016

tutorial: cara menjait rok panjang berlapis (layered maxi skirt)

iya, rok lapis bukan kue lapis. layered skirt not layered cake. duh, ga jelas deh! :p


proyek jaitku sekarang adalah rok lapis. aku sempet ngasih nama rok tulip karna sempet gambar-gambar bentuknya kaya tulip. tapi kadang realita gak berbanding lurus dengan ekspektasi jadinya aku ganti nama jadi rok lapis. berangkat dari sketsa kasar yang aku bikin seperti foto diatas akhirnya aku mulai bikin ancer-ancer pola dikertas besar...  untuk yang mau liat hasil jadinya silahkan baca photo diary: layered maxi skirt.
sebenernya, sebelum bener-bener pindah ke kertas besar ini proses yang pasti akan aku laluin. gambar garis-garis pola di atas figurin. teknik ini pernah aku jelasin di post cara membuat camisole.
selanjutnya aku bikin potongan-potongan pola yang akan aku butuhin untuk membuat rok ini sampai jadi. setelah aku yakin dengan komposisi dan ukurannya barulah aku bikin di kertas pola yang besar.
pola besar ini aku letakin diatas kain yang akan aku jait. di proses ini aku temui kesalahan dalam ukuran. gambar rok dan ukuran yang aku buat ga sesuai sama panjang bahan yang tersedia. akhirnya aku banyak modifikasi disini. yang tadinya aku pengen panjang rok sekian cm jadi harus aku pendekin lagi. yang tadinya aku pengen bikin kelopak bungan tulip jadi mesti aku ubah total dan ga ada tulip-tulipnya. makanya aku bilang rok ini akhirnya jauh dari gambar dan ekspektasi. duh... :p
untuk newbie jait melingkar itu menyebalkan. sebel bukan pas di proses di mesin jaitnya tapi proses masangin jarum pentul supaya mereka stay still selama di mesin. besok kalo udah professional aku akan memperkerjakan karyawan khusus masangin jarum pentul haha -_-
semua bahan sudah menyatu dan langkah terakhir yang biasa aku kerjain adalah masang karet pinggang. buat yang ga tau gimana caranya masang karet pinggang bisa baca postingan aku cara membuat elastic waistband / karet pinggang. sayangnya, karet pinggang yang aku pakai kualitasnya kurang bagus jadi baru berapa lama aku coba pake dan aku gantung di hanger dia langsung melar (yang nonton Instagramstory-ku pasti tau.)
sekarang rok lapisku udah jadi. secara keseluruhan, aku seneng sama hasilnya. yeay! untuk yang mau liat silahkan baca photo diary: layered maxi skirtsee you in the next project ya... have a nice day! <3

Love, Cikita


No comments:

Post a Comment